1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

SIDANG ISBAT TERPADU BANAWA SELATAN

PDF Cetak Email

Ditulis oleh Muh. Salehudin Sabtu, 28 Juli 2018 21:01

SIDANG ISBAT TERPADU BANAWA SELATAN

Pengadilan Agama Donggala Kelas IB yang bekerjasama dengan, Kementerian Agama dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Donggala telah melaksanakan sidang Isbat Nikah terpadu jumat 27 Juli 2018 bertempat di Kantor Urusan Agama Kec. Banawa Selatan, Kab. Donggala.

Isbat Nikah terpadu tersebut menyidangkan 36 pasangan suami isteri yang telah melaksanakan pernikahan tetapi tidak memiliki buku nikah (Akta Nikah) karena pernikahannya tidak tercatat pada Kantor Urusan Agama, pasangan isbat nikah tersebut tinggal dan berdomisili dibeberapa desa di Kecamatan Banawa Selatan yang persidangannya dilakukan dengan hakim tunggal.

DSC 0142a

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Ketua Pengadilan Agama Donggala (PLH. Ketua) menerjunkan 2 orang hakim, Panitera dan 5 orang Panitera Pengganti masing-masing Amar Ma’ruf, S.Ag., M.H., (Hakim), Rustam, S.H.I., M.H. (Hakim), Dra. H. Djawariah M. Amin (Panitera), Shiyamus Shidqi, S.H.I., M.H.I. (Panitera Pengganti), H. M. Dasri, S.H., M.H. (Panitera Pengganti), Hj. Erni Wahyuni, S.Ag., M.H. (Panitera Pengganti), Hj. Sitti Rabiyah, S.H.I. (Panitera Pengganti), dan Dra. Hj. Nurmiati (Panitera Pengganti).

Dengan peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2015 maka dilaksanakan isbat nikah terpadu sebagai solusi bagi pemecahan problematika yang dialami masyarakat, yang tujuan isbat nikah terpadu ini adalah untuk memberi akses pelayanan hukum dan membantu masyarakat yang tidak mampu untuk memperoleh haknya atas akta nikah dan akta kelahiran bagi anak-anaknya dan dapat menjamin dan memberi perlindungan hukum bagi pasangan suami isteri tersebut, dan diharapkan pada tahun mendatang Pemerintah Kab. Donggala dapat mengalokasikan anggaran sehingga dapat mengakomodir lebih banyak lagi pasangan yang belum mempunyai buku nikah untuk di isbat nikahkan secara terpadu karena disinyalir masih banyak pasangan suami isteri yang belum mempunyai akta nikah dan diharapkan pula kedepan tidak ada lagi pasangan yang menikah tidak tercatat atau nikah siri/nikah dibawah tangan sebab akan merugikan pasanagan suami isteri tersebut.

DSC 0132a

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Isbat Nikah Terpadu kali ini merupakan yang kesekian kalinya di laksanakan di Kecamatan Banawa selatan pada tanhun 2018, sebelumnya Ketua Pengadilan Agama Donggala pada sambutannya mengatakan bukti pernikahan berupa akta nikah sangat dibutuhkan bagi setiap pasangan yang sudah menikah sebagai bukti otentik dan dokumen yang menegaskan legalitas adanya perkawinan sah bagi pasangan suami isteri tersebut, yang sangat berhubungan dengan hak-hak keperdataan, waris, mengurus akta kelahiran anak dan sebagainya. Suatu perkawinan yang tidak mempunyai bukti nikah, maka perkawinan tersebut tidak memiliki kekuatan hukum dan tidak mendapatkan perlindungan hukum dari negara sehingga menjadi problematika bagi pasangan tersebut untuk mengurus hak-haknya. (IT. PA. DGL).

 

Add comment


Security code
Refresh

Other Menu

Ketua PA Donggala

drs. m. tang









       Drs. M. TANG, M.H.

Syndication

Justice For All

Interactive

pekka

SIADPA Online

SiadPA On-Line merupakan aplikasi sistem informasi dan administrasi perkara...Silahkan klik di bawah ini....


Baca Selengkapnya

Aplikasi Direktori PUTUSAN

Merupakan
Sistem Aplikasi
Informasi dan Administrasi Perkara berbasi Web
Klik Disini....?

SIMKEP Online

Simkep On-Line merupakan aplikasi sistem informasi kepegawaian yang berbasis web. Untuk lebih jelasnya silahkan klik di bawah ini....