1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

Sinergi & Semangat Terus Dalam Mempertahankan WTP

PDF Cetak Email

Ditulis oleh Muh. Salehudin Rabu, 25 Mei 2016 11:37

 

Kepala BUA MA “ Sinergi dan Semangat Terus Dalam Mempertahankan WTP ”

 


mahkamah-agungJakarta-Humas, Rabu (18/05). Bertempat di Ballroom Hotel Golden Butik – Jakarta, Biro Keuangan Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI menyelenggarakan Sosialisasi Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual Tahun 2016, dengan Sinergi dan Semangat dalam rangka Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual yang lebih Berkualitas dan Reformasi Birokrasi di Lingkungan Mahkamah Agung RI. 

Kegiatan ini diawali dengan laporan Ketua Panitia Pelaksana oleh Kepala Biro Keuangan Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI (MA RI), Bpk. H. Sutisna, S. Sos., Mpd. Dalam laporannya Sutisna menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini guna mempelajari system laporan keuangan berbasis akrual dengan sosiallisasi ini agar peserta dapat memahami dalam laporan keuangan berbasis akrual yang berkualitas, para operator, para pengelola keuangan serta para murid terbaik mulai dari tingkat Satuan Kerja (Satker) Koordinator Wilayah (Korwil) Eselon I sampai tingkat Lembaga akan mendapatkan pencerahan dari para narasumber yang berasal dari direktorat perbendaharaan daninfentaris kekayaan Negara di samping itu para peserta juga akan di tes dengan cara pengisian soal yang di berikan oleh para narasumber berupa posttest dan pristest dalam rangka mengukur sejauh mana pengetahuan para peserta ini di bidang laporan keuangan, simak BMN dan SAIBA. pada kegiatan ini diharapkan terjadi interaksi aktif antara pembina dan peserta.

Kegiatan ini diikuti oleh 76 peserta dari 7 unit eselon I dan 31 satuan kerja UPT Korwil DIPA 00501 yang diwakili oleh 1 orang operator sistem akuntansi keuangan dan 1 orang operator SIMAK BMN (Sistem Informasi Manajemen Akuntansi dan Barang Milik Negara) Rapat sosialisasi ini berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 18 Mei sampai dengan 20 Mei 2016. 

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI Dr. Drs. H. Aco Nur, MH. dengan ditandai penyematan Name Tag kepada 2 perwakilan peserta secara simbolis. Di awal sambutan dan arahannya Ka BUA MA Aco Nur menyampaikan apresiasi kepada para narasumber dari Kementerian Keuangan dan BPKP yang selama ini telah melakukan pembinaan dan pendampinngan terhadap MA. Apresiasi juga diberikan kepada para pahlawan penngelola Keuangan dan pengelola BMN di 4 lingkungan Peradilan serta para Auditor Badan Pengawasan MA.

Pertanggungjawaban laporan keuangan sesuai ketentuan UUD No 17 Tahun 2003 Tentang Keuangan Negara di pasal 9 Tentang Laporan Keuangan, dalam hal ini MA bertindak sebagai pengguna anggaran dan pengguna barang mempunyai tugas untuk menyusun dan menyampaiakan laporan keuangan di antaranya laporan realisasi anggaran, neraca, laporan operasional, ekuitas dan catatan atas laporan keuangan pada Presiden melalui Menteri Keuangan. Dalam rangka mendukung tersusunnya laporan keuangan MA dan jajaran 4 lingkungan Peradilan di bawahnya yang akurat, yang handal dan akuntabel. 

Laporan keuangan ini merupakan tugas dan kewajiban dari Bagian Akutansi di bawah Badan Urusan Administrasi untuk melaksanakan kegiatan konsolidasi laporan keuangan yang bersinergi dengan Bagian IKN pada Biro Perlengkapan Badan Urusan Administrasi dan Badan Pengawasan. Laporan keuangan di tahun 2015 yang berbasis akrual yang telah diterapkan oleh pemerintah maka dengan kegiatan konsolidasi laporan keuangan mulai dari tingkat satker yang kita kompilasikan dan masing-masing korwil untuk dilakukan verifikasi, analisa dan mengevaluasi atas pelaksanaan laporan keuangan dan bmn, serta dilakukan juga perbaikan-perbaikan sesuai dengan permasalahan-permasalahan yang di hadapi masing-masing satker di bawah korwil yang nantinya data yang diterima di pusat MA dan Badan Urusan Administrasi sebagai kompilator di tingkat lembaga MA, dengan data yang akurat dan sesuai akun peruntukannya. 

Ka BUA juga memberikan semangat terus dan sinergi dalam rangka mempertahankan WTP dengan cara berpikir cerdas dan memperbaiki system, peningkatan pengawasan, pengendalian serta koordinasi dan komunikasi dalam rangka menyusun, mempersiapkan laporan keuangan di seluruh satker di unit kerja secara nasional dengan pningkatan dukungan dari Bagian Akutansi dan peran Badan Pengawasan MA. Kegiatan ini dihadiri oleh para pejabat eselon I,II dan III di lingkungan Mahkamah Agung serta para peserta rapat konsolidasi.(mahkamahagung.go.id)

 

Add comment


Security code
Refresh

Other Menu

Ketua PA Donggala

drs. m. tang









       Drs. M. TANG, M.H.

Syndication

Justice For All

Interactive

pekka

SIADPA Online

SiadPA On-Line merupakan aplikasi sistem informasi dan administrasi perkara...Silahkan klik di bawah ini....


Baca Selengkapnya

Aplikasi Direktori PUTUSAN

Merupakan
Sistem Aplikasi
Informasi dan Administrasi Perkara berbasi Web
Klik Disini....?

SIMKEP Online

Simkep On-Line merupakan aplikasi sistem informasi kepegawaian yang berbasis web. Untuk lebih jelasnya silahkan klik di bawah ini....