logoDgL1

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Donggala Kelas IB

on . Hits: 178

PA. Donggala Sukses Gelar Sidang Itsbat Nikah Terpadu, bersama Kemenag dan Dukcapil

Image1

PA. Donggala Kelas IB melaksanakan ITSBAT NIKAH TERPADU Bertempat di Kantor KUA Kecamatan Sindue Tobata Kabupaten Donggala Propinsi Sulawesi Tengah, Senin (24/02/2020).

Kegiatan ini, diselenggarakan oleh Pengadilan Agama Donggala Kelas IB bekerja sama dengan Kementerian Agama Kabupaten Donggala cq. Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sindue Tobata dan Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Dongaala dan dihadiri oleh  Bupati Donggala dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kab. Donggala dan Peserta Isbat Nikah.

Image4

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Donggala Kelas IB,  Drs. H. Karmin, SH. MH. Dalam sambutannya, menyampaikan bahwa dasar Sidang Isbat tersebut adalah Peraturan Mahkamah Agung R.I Nomor 1 tahun 2015 tentang pelayanan terpadu sidang keliling Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama dan Mahkamah Syari’ah dalam rangka penerbitan akta perkawinan, buku nikah dan akta kelahiran dan kegiatan tersebut sangat positif karena mempunyai manfaat yang sangat besar sekali  bagi masyarakat, terutama untuk legalitas formal bagi masyarakat yang pernikahannya  belum tercatat (nikah sirri) karena terkait dengan adminitrasi kependudukan, pengurusan kartu keluarga, akta kelahiran anak-anaknya dan itu semua dibutuhkan buku nikah yang sah secara hukum  Islam dan Undang-Undang Perkawinan (UU No. 1 Tahun 1974).  Setelah pernikahannya yang dilaksanakan secara sah ditetapkan oleh Hakim, maka para pemohon Isbat Nikah akan diberikan Buku Nikah, Kartu Keluarga sekaligus Akta Kelahiran anak-anaknya.

Image3

Selanjutnya Bupati Donggala dalam hal ini diwakili oleh Dra. Luthfia Mangun, Staf Ahli Bid. Kesra dan SDM. Dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas program Isbat Nikah terpadu tersebut dilaksanakan di Kecamatan Sindue Tobata karena sangat membantu masyarakat untuk mengurus status pernikahannya yang selama ini belum mempunyai buku nikah karena nikah siri sehingga admintrasi kependudukan juga mengalami kendala yang fatal untuk istri dan anak-anaknya. Pelaksanaan itsbat nikah terpadu adalah untuk memenuhi amanat Undang-Undang Dasar 1945 yang telah di amandemen dalam pasal 28 D yang menyebutkan bahwa “setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan perlindungan dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama dihadapan hukum.

Ditambahkan Kepala Kemenenterian Agama Kab. Donggala yang diwakili Seksi Penyelenggara Zakat dan Wakaf H. Burham Munawir, Lc dalam sambutannya kegiatan ini adalah implementasi dari MOU yang telah disepakati oleh 3 (tiga) instansi penyelenggara Sidang Itsbat Nikah Terpadu ini sebagai bentuk pelayanan prima bagi masyarakat dalam memberikan legalitas hukum pada status perkawinan, terutama kegiatan ini akan sangat bermanfaat pada saat pengurusan administrasi pelaksanaan haji, karena salah satu persyaratan dalam pengurusan haji adalah Buku Nikah.

Image2Sidang Isbat Nikah terpadu ini berlangsung mulai pukul 08.00 WITA dengan menyidangkan 45 perkara, 1 (satu) diantaranya Gugur dikarenakan Pemohon tidak hadir pada saat persidangan.  Harapan kami (Penyelenggara Sidang Itsbat Nikah) kegiatan ini dapat berkesinambungan serta bermanfaat bagi masyarakat. ( Kasub IT dan Tim).

Image6

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Donggala Kelas IB

Jl. Vatu Bala No. 1 Donggala

Sulawesi Tengah

Telp: 0457-72233 
Fax: 0457-72220

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 

Tautan Aplikasi